bobby nasution

Pemimpin yang Baik

Kepemimpinan adalah sesuatu yang merupakan bagian mendasar dari suatu masyarakat. Tidak masalah di negara mana Anda berada atau bisnis apa yang Anda teliti – seseorang akan maju dan mengambil alih. Meski pemimpin dibutuhkan di semua segmen masyarakat, bukan berarti setiap orang adalah pemimpin.

Anda telah mendengar bahwa para pemimpin “diciptakan dan tidak dilahirkan.” Pernyataan itu 100% benar. Kepemimpinan diajarkan. Kadang-kadang diajarkan “di tempat kerja” dan di waktu lain itu adalah pendidikan yang lebih formal. Tapi tidak ada yang “terlahir sebagai pemimpin.” Itulah klaim beberapa diktator dunia ketiga yang mencoba menempatkan keluarga mereka bersama anak muda kolaborasi medan berkah di semua posisi kekuasaan. Tetapi di dunia bebas, para pemimpin diidentifikasi oleh apa yang “dilakukan” dan bukan oleh silsilah mereka.

Faktanya, beberapa individu tidak dibuat menjadi pemimpin sama sekali. Mereka hanya tidak memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin. Mereka adalah pengikut. Jika semua orang adalah seorang pemimpin, tidak ada pekerjaan yang akan dilakukan. Terlalu banyak pemimpin dan tidak cukup orang India dan tidak ada yang makan. Cara masyarakat memilih pemimpinnya bervariasi. Terkadang, para pemimpin militer juga menjadi pemimpin bisnis yang hebat. Terkadang tidak. Terkadang pemimpin bisnis hebat membuat pemimpin politik hebat. Terkadang tidak. Terkadang pemimpin militer yang hebat membuat pemimpin politik yang hebat. Terkadang tidak.

Jadi, peran kepemimpinan apa yang akan Anda mainkan dalam hidup Anda?

Beberapa orang memiliki tipe kepribadian yang sepertinya ingin “mengambil alih” dalam berbagai situasi. Orang-orang ini dapat menjadi pemimpin dengan sangat mudah dengan pelatihan yang tepat. Tanpa pelatihan yang benar, mereka akan disebut sebagai “arogan” atau “terjebak pada diri mereka sendiri” oleh bawahan mereka.

Beberapa orang yang mengambil kepemimpinan dan menerima pelatihan yang tepat bisa sangat efektif dalam peran mereka di masyarakat. Mereka dapat memimpin perubahan dalam bisnis mereka. Mereka dapat mempengaruhi hasil positif dalam masyarakat karena kolaborasi medan berkah orang mau mengikuti mereka. Anda dapat mengidentifikasi para pemimpin potensial ini hanya dengan duduk dan mengamati interaksi mereka dengan orang lain. Mereka mengambil alih lapangan bola; mereka selalu merespons pertama di kelas; mereka memimpin ketika hal-hal perlu diselesaikan di tempat kerja. Orang-orang ini sangat aktif dalam kehidupan dan menikmati hal-hal “tweaker” untuk membuat mereka lebih baik!

Tapi, tidak semua pemimpin datang secara alami. Banyak yang harus menghadiri pelatihan formal untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang sukses dalam pilihan bidang karir mereka dan di masyarakat secara keseluruhan.

Beberapa calon pemimpin akan mengambil kelas untuk menjadi pemimpin (Akademi Militer AS; program ROTC; Kelas bisnis, dll.). Meskipun semua ini terdengar sederhana, jangan tertipu! Dibutuhkan banyak usaha untuk menjadi pemimpin yang sukses. Jika Anda mengikuti kelas, Anda tidak akan menjadi pemimpin yang sukses dengan tidur dengan buku-buku Anda di bawah bantal! Dibutuhkan kerja keras untuk mempelajari cara berinteraksi dengan orang lain dan memungkinkan mereka untuk “memutuskan” untuk mengikuti jejak Anda.

Karena para pemimpin dipilih oleh orang-orang yang mereka pimpin (bahkan di militer, Penegakan Hukum, dll. – hanya karena seseorang memiliki pangkat tidak berarti mereka memiliki rasa hormat terhadap orang-orang yang mereka “pimpin.” Rasa hormat hanya datang dari kemampuan yang ditunjukkan untuk memimpin Terutama ketika orang akan mempercayai hidup mereka kepada pemimpin), penting bagi pemimpin untuk mengetahui pekerjaan yang diharapkan akan dia pegang.

Beberapa pemimpin akan muncul selama masa darurat. Tindakan mereka pada saat-saat ketika orang lain kaget atau tertekan akan menarik orang ke sana. Mereka mengambil alih situasi jauh sebelum orang lain bahkan bereaksi. Kepala dingin mereka dalam situasi stres tinggi memungkinkan mereka untuk melihat apa yang perlu dilakukan dengan cepat, untuk menyelamatkan jiwa dan harta benda.

Sementara orang lain ketakutan, menangis, panik atau hanya duduk di satu tempat karena syok, seorang pemimpin akan melangkah dan mulai membantu yang terluka, mengatur pesta pencarian, dll. Bahkan tanpa pelatihan formal yang ditawarkan kepada para pemimpin, beberapa orang melakukannya memiliki kepribadian untuk mengambil alih.

Itu tidak berarti mereka harus secara otomatis dijadikan pemimpin begitu keadaan darurat selesai. Tetapi bisa berarti orang ini memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin yang hebat, dengan pelatihan yang sesuai.

Bagian dari pekerjaan seorang pemimpin adalah mengidentifikasi mereka yang berada di bawah wewenangnya dan mulai melatih mereka untuk tingkat kepemimpinan berikutnya. Ini mungkin salah satu peran yang lebih penting yang harus dilakukan seorang pemimpin. Karena ketika pemimpin saat ini mempersiapkan suksesi dan promosi, sering kali, faktor penentu bagi atasan Anda adalah “siapa yang mengambil alih ketika Anda tidak lagi di sana?”

Ini akan menjadi tragedi jika Anda dilewati untuk promosi karena Anda “melindungi pekerjaan Anda” sehingga Anda gagal mempersiapkan seseorang untuk menggantikan Anda sehingga Anda bisa dipromosikan.

Kepemimpinan adalah prinsip dasar dan fundamental yang menggerakkan setiap segi masyarakat. Tidak masalah di mana Anda tinggal atau di organisasi mana Anda berada. Pemimpin muncul. Pemimpin melangkah. Pemimpin menang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *